Anyang-anyangan Sesudah Seks? Mungkin Ini 4 Pemicunya

Anyang-anyangan ialah keadaan yang mengakibatkan Anda seringkali bolak-balik kencing serta dibarengi perasaan sakit atau panas setiap kali berkemih. Anyang-anyangan seringkali menyerang wanita daripada pria serta pemicu pentingnya ialah pemakaian sabun, minyak wangi, maupun produk perawatan pada organ intim. Akan tetapi, ada juga yang rasakan anyang-anyangan sesudah berhubungan seksual. Lalu, apakah pemicu anyang-anyangan sesudah sex? Cari info jawabannya di bawah ini.

Mengapa wanita rawan anyang-anyangan sesudah seks?


Dii dunia medis, anyang-anyangan diketahui dengan disuria serta sebabnya juga bermacam. Akan tetapi, permasalahan ini umumnya muncul dipacu permasalahan medis spesifik. Bila Anda rasakan anyang-anyangan sesudah berhubungan seksual, kemungkinan pemicunya ialah karena infeksi bakteri vagina atau infeksi aliran kencing. Mengapa?

penyebab anyang anyangan setelah seks

Pertama sebab susunan anatomi badan wanita. Lubang vagina ada dekat dengan bukaan uretra, aliran yang buang urin ke luar badan. Nah, penetrasi penis bisa menggerakkan bakteri serta partikel asing yang lain yang hidup di seputar kulit luar lubang vagina.

Ditambah kembali penetrasi penis ikut juga mengalihkan bermacam bakteri serta jamur lainnya yang semula hidup di permukaan kulit penis ke lubang vagina. Ditambah lagi bila Anda berhubungan seksual tiada kondom serta tidak dapat jamin kebersihan penisnya. Masuknya koloni bakteri “baru” ini bisa mengganggu kesetimbangan pH dan jumlahnya bakteri baik dalam vagina. Bakteri jahat berikut yang pada akhirnya mengakibatkan infeksi yang dimaksud bacterial vaginosis (BV).

Diluar itu, penetrasi penis pada saat yang bertepatan ikut juga menggerakkan bakteri di luar masuk ke aliran kemih wanita sebab tempatnya yang bersisihan dengan lubang vagina. Panjang ukuran aliran uretra wanita kenyataannya cukuplah pendek hingga mempermudah bakteri bertambah cepat sampai kandung kemih wanita serta mengakibatkan infeksi. Berikut yang dimaksud dengan infeksi aliran kencing (ISK). Salah satunya tanda-tanda penting dari infeksi vagina serta infeksi aliran kencing ialah seringkali berkemih yang merasa sakit atau panas (anyang-anyangan).

Pemicu anyang-anyangan yang lain sesudah berhubungan seksual


Tidak hanya karena infeksi vagina atau ISK, pemicu anyang-anyangan yang lain yang mungkin berlangsung sesudah berhubungan seksual ialah :

  • Infeksi jamur vagina

Penyakit ini dikarenakan oleh jumlahnya jamur yang terlalu berlebih hingga memunculkan infeksi. Tidak hanya anyang-anyangan, tanda-tanda yang lain yang biasanya dirasa ialah gatal, muncul sensasi panas, serta pembengkakan pada vagina. Waktu infeksi ini berlangsung, semestinya Anda libur dahulu dari hubungan seksual sampai pulih untuk menahan tanda-tanda makin bertambah kronis atau infeksi berulang.

  • Trikomoniasis

Pemicu anyang-anyangan sesudah sex yang umum berlangsung ialah trikomoniasis. Penyakit ini dikarenakan oleh parasit karena sex tiada kondom. Umumnya tanda-tanda akan muncul dalam tempo 5 sampai 28 hari sesudah terpajan lewat hubungan seksual.

Tidak hanya anyang-anyangan, trikomoniasis terkadang memunculkan tanda-tanda yang lain seperti keputihan beralih jadi hijau serta berbau, vagina berasa gatal, serta terkadang pinggang berasa ngilu.
Comments